BORDIR ITU BUKAN BORDIL

Pernah nggak sih ngerasa distracted pas baca artikel atau tulisan apapun itu gara-gara ada satu kata yang mungkin salah ketik atau murni nggak tahu (kasihan banget sih yang nulis). Misalnya harusnya nulis ‘bordir’ tapi malah ditulis ‘bordil’.

Saya pribadi beberapa kali nemu aja yang kayak gini. Seringnya sih ketawa tapi sesungguhnya saya kesel dan sedih. Apalagi kalo misalnya saya protes panjang lebar, terus cuma ditanggepin “Halah, cuma salah satu huruf ini. Ribet amat sih jadi orang.”

Cuk, yang salah (entah karena beneran sekedar salah ketik atau beneran ga tau mana yang bener) emang cuma satu huruf, tapi dia menentukan keseluruhan makna dari tulisan lu!

Berikut ini beberapa contoh yang saya temuin dan masih saya inget

 

  1. Bordir apa Bordil

1

Suatu ketika saya nemu berita online judulnya kurleb sbb “Mengintip Kehidupan di Rumah Bordir Terbesar di Asia, Dolly nggak Ada Apa-Apanya”

Awalnya saya kira ini beritanya tentang rumah produksi desainer siapa atau clothing line mana gitu. Ya tapi pas baca klausul akhirnya saya jadi tepok jidat. Karena tanpa baca beritanya saya yakin seyakin-yakinnya kalo isi beritanya sama sekali ga ada hubungannya sama desainer, clothing line, tukang jahit, atau tukang bordir manapun. Yakin dah gua.

 

  1. Kolase apa Kolese

2

Di suatu majalah remaja, saya nemu profil dedek SMA dilengkapi foto, keterangan sekolah, dan profil singkat si dedek ini. Yang bikin jidat saya berkerut nama sekolahnya, SMA Kolase . . Tunggu deh, SMA Kolase teh maksudnya sekolahnya digabung-gabung gitu terus dipigura?

FYI aja sih, setelah gue cek KBBI online, Kolase itu diserap dari bahasa Inggris ‘Collage’ artinya komposisi artistik dari berbagai bahan buat ditempel pada satu bidang gambar. Nah jaman instagram belum bisa upload multiple photos, anak-anak kekinian ada yang ngandelin aplikasi photo collage. Fungsinya buat bikin beberapa foto dalam satu frame.

Sedangkan Kolese, diserap dari bahasa Inggris juga ‘College’ artinya akademi atau sekolah. Jadi di case ini, yang pas Kolese apa Kolase?

 

  1. Ujud apa Ujub

3

Awalnya kasus ini bikin saya bingung juga. Tapi setelah cek KBBI kebingunganku sirna sudah. Saat ini saya kerja sebagai content administrator sebuah Yayasan yang kebetulan salah satu produknya adalah majalah yang berbau reflektif rohani. Suatu ketika saya upload konten instagram, trus di caption saya tulis “ujud doa bulan . . . “, trus ada follower yang nanyain, “min, yang bener teh ujud apa ujub”

Saya bingung karena selama ini kayak ada dua aliran gitu aliran nyebut ujud sama aliran nyebut ujub. Ceki ceki KBBI ketemulah bedanya. Arti dari ujud adalah sesuatu yang ingin dicapai, sementara di ujub artinya rasa bangga. So sudah tau kan mana yang benar buat konteks yang ada?

Semua kasus ini bedanya emang cuma satu huruf doang. Sekali lagi cuma beda satu huruf, but that single letter makes all the difference.

 

Kecup Mesra,

Mbak – Mbak Keji Layaknya Polisi Diksi

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *