Membaca Tanpa Biaya

Ada sebuah slogan yang mengatakan bahwa ‘‘Membaca adalah jendela dunia.’ Maksud dari slogan tersebut adalah bagaimana hanya dengan membaca buku kita sudah seperti melihat dunia dan segala isinya. Dari membaca buku kita akan memperoleh ilmu dan pengetahuan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Selain itu, buku juga bisa menjadi tempat pelarian sementara dari dunia yang fana ini, dan nggak perlu capek lari-lari beneran lagi, tinggal gerakin mata aja ya kan?

Nah, meskipun sudah mengetahui pentingnya manfaat dan kenikmatan membaca buku, banyak orang masih malas membaca karena beberapa alasan. Alasan pertama biasanya karena tidak tertarik. Orang-orang ini sebenarnya hanya belum menemukan buku yang tepat untuk mereka. Padahal harusnya seperti kutipan ini:

Cuma perlu satu buku unuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu. Mari jatuh cinta.

Najwa Shihab, dikutip dari merahputih.com

Cari, Mblo. Cari bukumu–jangan jodoh aja! Nanti sekali menemukan buku yang tepat, ku yakin dirimu akan ketagihan untuk membaca.

Alasan selanjutnya karena faktor ekonomi yang berdampak pada ketidakmampuan untuk membeli buku. Wahai sahabat-sahabat miskin yang budiman, ketahuilah bahwa kemiskinan seharusnya tidak menghalangimu untuk membaca buku. Di mana ada kuota internet, di situ ada jalan. Kalau kalian bisa membeli kuota internet, kalian bisa membaca buku.

Berikut ini aku kasih tiga rekomendasi aplikasi gratis di mana kalian bisa membaca buku dari handphone jadul, handphone buat cekrek-cekrek dan yang penting NGGAK PERLU BAYAR alias GRATIS. Perlu di capslock demi kemaslahatan umat.

Storial.co

Situs Storial.co ini ada versi web dan aplikasinya. Kalau aku pribadi lebih suka baca dari websitenya, karena aplikasinya belum begitu ciamik. Di Storial.co ini banyak buku-buku fiksi, puisi, dan beberapa genre lainnya yang bisa kalian pilih sesuai keinginan. Banyak penulis-penulis terkenal yang mengunggah buku mereka–meskipun masih on going di sana. Selain membaca buku di Storial.co, kalau kalian punya hobi menulis, kalian juga bisa mengunggah buku hasil karya sendiri di sana.

Wattpad

Situs Wattpad ini hampir mirip dengan Storial.co. Ada versi web dan aplikasinya juga, dua-duanya udah oke menurutku. Selain tersedia berbagai genre buku yang bisa kalian baca dengan gratis, di sini kalian juga bisa menggungah hasil tulisan agar dibaca orang lain. Nah tapi, karena Wattpad ini juga cukup terkenal di kalangan fangirls–dan fanboys, harap hati-hati dalam memilih genre buku atau cerita yang akan kalian baca. Pastikan untuk membaca summary dan warning yang ditulis author sebelum kalian menyesal karena terjebak di jaring-jaring dunia kegelapan bernama fanfiksi.

iPusnas

Rekomendasi yang ketiga ini adalah produk dari pemerintah yakni dari lembaga Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Sistemnya hampir sama dengan perpustakaan biasa, cuma di sini kita bisa pinjem buku secara online. Buku-buku di iPusnas ini juga lumayan komplit dan nggak terbatas di buku bergenre fiksi aja. Sayangnya, mungkin karena stok bukunya terbatas, kadang kita juga harus antri terlebih dahulu jika ingin meminjam buku yang cukup populer. Dari ketiga aplikasi tadi, iPusnas ini menurutku yang paling lengkap koleksi bukunya kalau kalian adalah penggemar dari bacaan non-fiksi juga.

Itu tadi tiga rekomendasi situs dan aplikasi baca buku gratis yang sering aku kunjungi untuk kalian yang masih miskin dan males bawa-bawa buku fisik. Selain rekomendasi di atas, masih banyak juga situs-situs dan aplikasi yang bisa kalian kunjungi untuk membaca buku secara online.

Jadi udah nggak zaman lagi kan kalian bilang baca buku itu ribet dan mahal?

Jangan sampai kan ya udah miskin harta, miskin ilmu pula 🙁

Mari membaca!

.kurntia.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *