SIAPAKAH KAMU? – Mengetahui Tipe Kepribadian Melalui Tes MBTI

Para pemburu pekerjaan pasti tidak asing dengan beberapa pertanyaan yang muncul saat wawancara seperti berikut: “Ceritakan tentang diri Anda.”, “Apa kelebihan dan kekuranganmu?”, “Kenapa kami sebaiknya merekrut Anda?”. Sudah banyak tips dan trik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di internet. Namun, apakah jawaban yang kita utarakan saat wawancara tersebut benar-benar kepribadian kita yang sesungguhnya? Nah, untuk memberikan gambaran mengenai kepribadian kita, ada beberapa cara yang bisa diambil, salah satunya adalah dengan melakukan tes psikologi.

Salah satu tes psikologi yang cukup populer adalah tes kepribadian MBTI—yang merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. Dikutip dari myersriggs.com, MBTI adalah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Tes ini mengukur kecerdasan individu, bakat dan tipe kepribadian seseorang. Dalam MBTI, ada 16 tipe kepribadian yang merupakan kombinasi dari 4 dimensi dasar, yaitu: Pemusatan perhatian (Extrovert atau Introvert), Pemahaman informasi (Sensing atau Intuition), Pengambilan keputusan (Thinking atau Feeling), Struktur (Judging atau Perceiving).

Berikut ini adalah daftar situs yang bisa dikunjungi untuk melakukan tes MBTI dan mengetahui tipe kepribadian mana yang menggambarkan diri kalian. Pastikan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dengan jujur, agar hasil yang keluar cukup akurat.

  1. https://www.truity.com/test/type-finder-personality-test-new
  2. https: //projects.fivethirtyeight.com/personality-quiz/#
  3. https://personalitymax.com/personality-test/
  4. https://personalityjunkie.com/free-online-personality-test/
  5. https://my-personality-test.com/personality-type-indicator

Hasil dari psikotes tersebut juga dapat digunakan untuk mengetahui bidang apa yang kira-kira cocok dengan kepribadian kita. Semoga hal tersebut juga dapat membantu kita untuk lebih mengenal diri sendiri dan tidak hanya menjawab pertanyaan di wawancara berdasarkan ‘jarene’ atau ‘kata temen sih, saya orangnya…”. Jadi nggak perlu bingung lagi ya menjawab pertanyaan-pertanyaan saat wawancara kerja.

Artikel ini terinspirasi dari seorang superb INTJ yang selalu menebar kebaikan dan informasi yang bermanfaat (no wonder one of her nickname is Widipedia). Beberapa situs yang saya cantumkan juga adalah rekomendasi dari Beliau. Selamat mencoba!

Dengan cinta,

.kurntia.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *